Minggu, 22 Januari 2017

Tips Upgrade Hard Disk

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Cara upgrade hard disk laptop biasa atau SSD. Kapasitas penyimpanan merupakan hal yang cukup penting sekarang ini, hard disk merupakan salah satu media penyimpanan yang banyak digunakan. Dengan semakin banyaknya data yang kita simpan pada hard disk, menyebabkan ruang kosong yang tersisa pun semakin sedikit. Upgrade hard disk merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, upgrade harddisk dilakukan tidak hanya karena ruang penyimpanan yang semakin sedikit, bisa juga karena harddisk mengalami trouble atau tidak bekerja dengan baik, sehingga peformannya menurun.


Pada laptop jika kita ingin meng-upgrade hard disk laptop, secara otomatis kita mengganti hard disk yang lama, kemudian mengganti dengan yang baru. Oleh karena itu supaya tidak salah pilih, apalagi merugi nantinya maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih harddisk untuk kebutuhan upgrade. Penasaran ya? oke langsung saja saya kasih beberapa hal yang perlu diperhatikan.
  • Pertama-tama pastikan motherboard mendukung hard disk yang akan kalian pasang. Misalnya, kalian ingin meng-upgrade hard disk ATA menjadi Serial ATA (SATA). Selain itu, pastikan motherboard mempunyai slot untuk kabel data SATA. Saya yakin pasti kalian sudah mengenal jenis hard disk ATA dan SATA. Perbedaan kedua jenis hard disk ini bisa kalian lihat pada kabel data hard disk. Kabel data hard disk ATA lebar sedangkan kabel data hard disk SATA kecil atau tidak lebar.
  • Silahkan kalian perkirakan upgrade hard disk disesuaikan dengan kebutuhan kapasitas penyimpanan untuk 3-4 tahun ke depan.
  • Periksa apakah BIOS mampu membaca hard disk yang berkapasitas besar, bahkan super besar. Apabila BIOS tidak mendukung, berarti BIOS harus di update terlebih dahulu. Update BIOS terbaru bisa di dowbload dari situs resmi Bendor BIOS komputer.
  • Saat memasangnya pastikan kabel data dari motherboard ke hard disk dan kabel daya ke hard disk sudah terpasang dengan benar.

Tips Mencari Hard Disk

1. Merk Hard Disk
Usahakan saat membeli harddisk baru untuk kebutuhan upgrade, merk dari harddisk yang akan dibeli sama dengan merk pada harddisk yang ingin diganti, tujuannya agar performa yang dihasilkan sama seperti jika kita menggunakan harddisk bawaan yang sudah terpasang saat membeli laptop. Tak hanya performa, ukuran hard disk pun juga harus di perhatikan dan harus sama dengan hard disk sebelumnya.

2. Kapasitas Hard Disk
Pastikan kapasitas hard disk pengganti jauh lebih besar daripada harddisk sebelumnya, namanya juga upgrade, kalau yang dibeli kapasitasnya sama saja mending gausah upgrade sekalian hehehe :D.

3. Teliti Sebelum Membeli
Pastikan kondisi hard disk baru yang akan kita beli, apakah hard disk tersebut benar – benar baru atau baru hasil rekondisi. Biasanya terdapat perbedaan pada hard disk baru dengan hard disk hasil rekondisi.

4. Harga Hard Disk
Cek harga harddisk di pasaran, jangan sampai kita membeli harddsik dengan harga yang terlalu tinggi. Tapi juga jangan senang dulu kalau – kalau kita mendapatkan penawaran harga yang sangat jauh lebih murah daripada harga pasarannya. Pastikan dan teliti lagi apabila mendapatkan harddik seperti itu.

5. Garansi
Garansi dari sebuah harddisk juga bisa menjadi bahan pertimbangan, ada yang berani memberikan garansi resmi 2 sampai 3 tahun, ada juga yang hanya memberikan garansi resmi selama satu tahun. Pilihlah yang berani memberikan garansi dengan jangka waktu yang lama, karena akan mempermudahkan saat kita mengalami masalah atau trouble pada harddisk kita.

Cara Cloning Sytem OS / Windows


Sekian dari kami,,
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada kesalahan itu dari saya, dan jika ada kebenaran anda tau datangnya dari mana.
Saya sangat berterimah kasih jika masnya atau mbanya bersedia meninggalkan komentar yang membangun atau saran.

Copyright © Kebaikan Ilmu | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com